Senin, 10 Desember 2018

Semarak GASTASI (Gelar Anak Sholeh Berprestasi) oleh AMM Palbapang Bantul

Tak seperti biasanya Ahad, 9 Desember 2018 Balai Desa Palbapang Bantul terlihat begitu semarak. Tampak adik-adik kecil putra dan putri dengan baju taqwa dan gamis di dampingi dengan bapak atau ibu yang mendampinginya. Lengkap dengan tas gendong aneka warna di gendong di pundak kecilnya. Ternyata Ahad pagi kemarin diselenggarakan GASTASI (Gelar Anak Sholeh Berprestasi). Kegiatan GASTASI diselenggarakan oleh anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Palbapang yang terdiri atas Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, serta didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Desa Palbapang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bantul, dan para donatur. 



Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui potensi dan prestasi yang dimiliki anak-anak. Serta untuk menumbuhkan kesadaran dan peran umat Islam dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas moral dan intelektual yang Qur’ani. Menurut Ketua Panitia GASTASI Sa’id Supriyadi mengemukakan insyaAllah kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun sekali. Tampak tim Panitia menggunakan seragam serba hitam khas AMM Palbapang hilir mudik membantu mengkondisikan adik-adik yang aktif di dalam balai desa Palbapang. 

Target peserta kegiatan GASTASI adalah santri TKA-TPA se-Kabupaten Bantul dan masyarakat sekitar. Pesertanya adalah anak-anak usia TK-SD kelas 6. Jadi lebih prioritas ke anak-anak usia pelajar kelas 6 ke bawah. 





Sengaja menyelenggarakan kegiatan ini dalam bentuk perlombaan seperti Lomba Pidato, Lomba Adzan dan Iqomah, Lomba Peragaan Sholat, dan Lomba Hafalan Juz’ama. Lomba kategori Khusus di atas diperuntukkan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Palbapang. 

Sementara untuk kategori Lomba Umum yang dilombakan adalah Lomba Mewarnai TK-PAUD, Lomba Menggambar A Kelas 1-3 SD, dan Lomba Menggambar B Kelas 4-6 SD. Biaya pendaftaran sangat murah cukup dengan Rp5000 untuk Lomba Menggambar dan Mewarnai, untuk Lomba Khusus Rp50.000 per Kontingen masjid/ TPA. Peserta sudah mendapatkan Soft Drink, Snack, Doorprize dan teman baru pastinya. 

Hadiah yang diperebutkan adalah Trophy Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bantul untuk Lomba Menggambar, Trophy Bergilir Lurah Desa Palbapang untuk Lomba Mewarnai, Trophy GASTASI untuk Lomba Khusus, Uang pembinaan serta Full Doorprize. Waw! 

Ketua Panitia GASTASI 2018 Kak Sa'id Supriyadi



Karena inti acara kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat anak dan untuk mengetahui prestasi anak. Ada juga Cerita dan Dongeng oleh Kak Andy Pemikat Hati bertujuan agar anak bisa termotivasi melalu materi yang disampaikan pendongeng. selain itu dongeng diadakan untuk mengisi waktu kosong selama perekapan nilai. Sehingga adik-adik bisa tetap menikmati dan tetap ceria sambil menunggu pengumuman dari Panitia. 

Kak Andi Pemikat Hati bercerita dengan penuh semangat

Panitia mulai melakukan promosi mulai tangal 20 Nopember 2018, menggunakan media pamflet tempel, media sosial seperti akun Instagram (@ammpalbapang) dan lainnya. Hal ini penting untuk mempromosikan kegiatan GASTASI agar bisa menjangkau adik-adik di masyarakat sekitar. Alhamdulillah peserta tahun ini mencapai lebih kurang 300 peserta. 

Alhamdulillah tanggapan dan antusias masyarakat sekitar sangat luar biasa, merespon dengan baik serta banyak mendukung kegiatan GASTASI karena memiliki tujuan dan arah yang positif. 

Kendala yang dihadapi hanya kecil sekali, yakni tentang manajemen waktu saja. Seharusnya jam 07.00 WIB acara sudah resmi dibuka, namun ada sedikit kendala waktu, banyak peserta yang tidak datang tepat waktu sehingga acara sedikit mundur tidak bisa sesuai jadwal yang direncanakan. Kemudian untuk sumber daya manusia terus terang tim panitia yang terbatas tidak banyak, sehingga mau tidak mau harus menjadi tim tambal sulam, yakni merangkap tugas agar acara bisa sukses. Terimakasih sekali untuk semua tim Panitia dari AMM Palbapang atas perjuangan dan kerja kerasnya, semoga menjadi lahan amal ibadah rekan-rekan kelak di akhirat, aamiin. 

Harapan panitia dengan adanya kegiatan GASTASI adalah agar bisa menemukan bibit bibit anak yang berprestasi serta kami berharap acara ini bisa terus diadakan setiap tahun agar syiar agama Islam bisa terus berjalan dan bisa memberi kontribusi dan stimulasi riil (nyata) bagi kemajuan dakwah Islamiyah. 


Segenap Tim Panitia GASTASI 2018

Albiru manittaqo, fastabiqul khoirot allahuakbar!


*Dipa DP

Giat AMM Jetis Bakti Sosial di Tengah Pandemi Covid-19

Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Jetis  Bakti Sosial dan Penyembelihan Hewan Qurban 1441 H dalam Pandemi Covid 19 :  Insya Allah k...